Menu Close

Komputasi Awan

Di jaman yang modern ini teknologi terus berkembang dengan pesat. Terutama pada bidang teknologi dan informasi. Akhir-akhir ini ramai sekali dibicarakan mengenai teknologi komputasi awan atau yang biasa disebut Cloud Computing. Bagi sebagian orang yang tidak bergelut di bidang IT, komputasi awan merupakan hal yang awam. Untuk tahu apa itu komputasi awan, kita juga harus tahu sedikit mengenai teknologi-teknologi pendahulunya.

Sebelum menggunakan kereta mesin, dahulu kereta ditarik dengan kuda. Ide untuk mengganti tenaga kuda dengan mesin muncul karena meningkatnya kebutuhan pelanggan akan kecepatan. Sama dengan kereta mesin, komputasi awan juga muncul karena tingginya kebutuhan manusia akan kecepatan data. Komputasi awan adalah generasi ke-3 yang terjadi pada bidang IT.

  1. 1.      Era Mainframe

Pada era pertama ini, komputasi terpusat dan tersentralisasi. Setiap orang yang ingin mengakses komputasi ini menggunakan tim client. Pada era ini, komputer dan terminal tidak bisa melakukan apapun tanpa mainframe. Dari segi ekonomi, mainframe sangat mahal, sehingga harus digunakan dengan seoptimal mungkin.

  1. Era Clien Server

Era client server ini ditandai dengan berakhirnya era mainframe. Pada era ini PC dan Server digunakan secara terdistribusi sehingga memiliki daya komputasi yang lebih kecil. Karna kejanya yang terdistribusi sehingga bisa mengerjakan hal yang besar menggantikan mainframe. Komputer pada era ini cukup ekonomis, fleksibel, serta mudah dipasang di mana pun karena ukuran dan daya yang kecil.

  1. Era Cloud Computing

Terdiri dari banyak pusat data (data center). Pada umumnya perangkat yang digunakan adalah perangkat-perangkat kecil yang disusun sedemikian rupa dalam jumlah yang besar dan diakses dengan menggunakan jaringan internet. Dari segi efisiensi, komputasi awan ini sebenarnya sangat mudah. Kita hanya perlu masuk ke salah satu penyedia layanan awan, kemudian kita registrasi dan kita bisa meminta kepada layanan awan apa yang kita inginkan. Dalam hitungan detik layanan itu akan tersedia. Inilah yang sangat membedakan pada Komputasi Awan dengan Era Mainframe dan Era Client Server.

Komputasi awan merupakan sebuah tren yang tidak bisa dihindari. Banyak sekali aplikasi yang terdapat pada komputasi awan, meskipun tidak semuanya dapat meningkatkan produktifitas. Secara garis besar di dalam komputasi awan ada 3 macam jenis layanan aplikasi, yaitu:

Komputasi awan gratis, komputasi awan berbayar untuk public, serta komputasi awan privat untuk perusahaan.

Banyak sekali keuntungan yang kita dapat dari teknologi komputasi awan ini. Diantaranya kita bisa menggunakan komputer yang diproduksi setelah tahun 2000 yang mendukung virtualisasi, bisa meningkatkan kinerja departemen IT, mengikuti perkembangan jaman dengan mudah, serta bisa terhubung dengan siapapun melalui internet. Singkat kata, semua layanan yang terdapat di komputasi ini dapat diakses oleh siapupun melalui PC dan Smart Phone. Teknologi komputasi awan ini hampir tidak dapat kita hindari. Sangat banyak layanan yang disediakan oleh komputasi awan ini. Tidak semuanya bermanfaat tentu saja. Karena itu, kenalilah dulu layanan yang kita inginkan. Cermati keuntungan dan kerugiannya, sehingga kita tidak menjadi korban dari tren komputasi awan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *