Menu Close

Kamus 2 : Akhlak yang Baik Menuju Sebuah Kebahagiaan

Kajian Kemuslimahan atau yang sering disebut Kamus , kali ini hadir dengan tema “Akhlak yang Baik Menuju Sebuah Kebahagiaan” yang disampaikan oleh Bu Sumarni Adi S. Kom dosen STMIK Amikom Yogyakarta. Akhlak merupakan kebiasaan dan kita bisa melakukannya dengan mudah. Sehingga akhlak seseorang bisa diketahui jika kita sudah berbaur dengannya selama kurang lebih 3 hari.

Akhlak dapat dibagi menjadi 2 yaitu:

1.Akhlak kepada Allah SWT

2.Akhlak kepada sesama makhluk

Akhlak kepada Allah dapat diartikan sebagai sikap atau perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh manusia sebagai makhluk, kepada Tuhan sebagai khalik. Dan sebagai titik tolak akhlak kepada Allah adalah pengakuan dan kesadaran bahwa tiada Tuhan melainkan Allah. Alasan Berakhlak Kepada Allah SWT:

-Pertama, karena Allah-lah yang mencipatakan manusia.

-Kedua, karena Allah-lah yang telah memberikan perlengkapan panca indera, berupa pendengaran, penglihatan, akal pikiran dan hati sanubari, disamping anggota badan yang kokoh dan sempurna kepada manusia.

-Ketiga, karena Allah-lah yang telah menyediakan berbagai bahan dan sarana yang diperlukan bagi kelangsungan hidup manusia, seperti bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, air, udara, binatang ternak dan lainnya.

-Keempat, Allah-lah yang telah memuliakan manusia dengan diberikannya kemampuan, daratan dan lautan.

Contoh akhlak yang baik kepada Allah:

1.Cinta dan ridha kepada Allah SWT

2.Berbaik sangka kepada Allah SWT.

3.Rela terhadap qadar dan qada (takdir baik dan buruk) dari Allah SWT.

4.Bersyukur atas nikmat Allah SWT.

5.Bertawakal/ berserah diri kepada Allah SWT.

6.Senantiasa mengingat Allah SWT.

7.Melaksanakan apa-apa yang diperintahkan Allah SWT.

8.Taubat kepada Allah SWT.

9.Berzikir kepada Allah dll.

Akhlak kepada sesama muslim contohnya antara lain:

1.Menjawab salam/Memberikan salam, disebutkan dalam surah An-Nisa ayat 86 yang artinya: “Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu”.

2.Menjenguk orang sakit.

3.Mengurus jenazah.

4.Memenuhi undangan.

5.Saling mendoakan ketika bersin.

6.Tidak sombong dengan saudara, dalam surah Luqman ayat 18 dijelaskan yang artinya : “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri”.

7.Tidak marah selama 3 hari.

8.Saling menasehati.

9.Menutup aib saudaranya.

10.Berbaik sangka kepada sesama muslim, disebutkan juga dalam surah Al-Hujuraat ayat 12 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *