latest Post

Menutup Aurat adalah perintah dari Allah

Kenapa sih harus pake Jilbab ?
Aurat dalam syariah Islam adalah anggota badan yang harus ditutup. Ketika dikatakan aurat perempuan atau wanita' maka maksudnya adalah anggota tubuh wanita yang harus ditutup saat dia di depan laki-laki atau sesama perempuan.
Hijab merupakan peritah dari allah langsung di tujukan kepada wanita – wanita muslimin. Sebagaimana firmannya :
Yang artinya :
“Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”(QS. an-Nur:31)

Jilbab, apa sih manfaatnya?

Banyak wanita yang menanya-nanyakan hal ini karena ia belum mendapat hidayah untuk mengenakannya. Berikut ada sebuah ayat dalam Kitabullah yang disebut dengan “Ayat Hijab”. Ayat ini sangat bagus sekali untuk direnungkan. Moga kita bisa mendapatkan pelajaran dari ayat tersebut dari para ulama tafsir. Semoga dengan ini Allah membuka hati para wanita yang memang belum mengenakannya dengan sempurna.[1]
Allah Ta’ala berfirman,
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا
“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab: 59)
Seperti apa sih ketentuannya ?
·        Batas aurat muka dan telapak lengan (HR. Abu Dawud, no. 3580)
·        Menutup dada (QS an-Nur:31)
·        Longgar tidak transparan (HR. Malik & Muslim)
·        Menutupi mata kaki (HR. Imam Tirmidzi & Nasa'i dari ummu Salamah)

Kesimpulan
Aurat perempuan atau wanita adalah anggota tubuh wanita yang harus ditutup saat dia di depan laki-laki atau sesama perempuan. Allah memerintahkan langsung yang di tujukan kepada wanita dan memeberi manfaat seperti dalam firmannya “Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu.” (QS. Al Ahzab: 59).
Seorang perempuan memakai hijab harus memenuhi kriteria yaitu : hanya batas muka dan telapak tangan yang terlihat, jilbab menutup dada, longgar dan tidak transparant, dan menutupi mata kaki.

Pertanyaan tambahan dan jawabannya
Kalau pakai Jilbab gak panas?
Jawab :“Enggak, malah karena pakai jilbab kepala dan kulit iyah ga terkena langsung sinar matahari. jadi lebih adem deh. Oh iya, dibanding ngerasain panas atau gerah di dunia buat yang baru berjilbab, coba bandingin panasnya sama panas neraka. hehe.”[2]

Kamu ga ikut aliran-aliran sesat gitu kan?
Jawab :  “Aliran sesat gimana...? -________________- hadeeeh. *tepok jidat* Iyah ga dak ikut aliran apalah itu ataupun ikut partai-partai *lah?*. cukup agama Iyah Islam, Al-Qur'an dan Hadist pedomannya. Nabi Muhammad SAW contohnya. selesai.”[2]

Lulusan Pesantren ya?
Jawab : Enggak. Iyah dari SMIT Siti Hajar trus SMAN 21. gak pernah mengenyam pendidikan pesantren sebelumnya. kalo ada aroma-aroma pesantren mungkin ketularan dari kakaknya iyah yang SMP dan SMA nya di pesantren Ar-Raudathul Hasanah. Hehe[2]

Sumber :
2.      http://www.mahdiyyah.com/2014/09/pertanyaan-yang-sering-ditanyakan.html

source-image :

https://scontent.cdninstagram.com/hphotos-xfa1/t51.2885-15/e15/11377892_1140386372642392_1443414466_n.jpg

About Medinfo UKI Jashtis

Medinfo UKI Jashtis
Recommended Posts × +

0 comments:

Post a Comment