Kenapa sih kita harus Shalat?





Allah SWT berfirman: “Dan dirikanlah shalat, tunaikan zakat, dn rukuklah beserta orang-orang yag
rukuk.”(QS. Al-Baqarah: 43)
Shalat adalah rukun Islam kedua setelah syahadat. Shalat merupakan kewajiban bagi umat Islam, baik laki-laki maupun perempuan.
Rasulullah SAW bersabda: “Shalat itu diwajibkan atas Nabi Muhammad pada malam di-Isra’ kan, sebanyak lima puluh kali. Kemudian dikurangi hingga lima,lalu beliau diseru, ‘Hai Muhammad! Putusan-Ku tidak dapat diubah lagi, dan dengan  shalat lima waktu ini engkau tetap mendapat pahala lima puluh kali.” (HR. Ahmad, Nasa’i, dan Tirmidzi)
Berdasarkan riwayat Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW bersabda: “Diangkat pena (tidak dikenakan kewajiban) pada tiga orang: orang yang tidur hingga bangun, anak kecil hingga akil balig (ihtilam), dan orang gila hingga berakal.”(HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)
Nabi Muhammd SAW bersabda: “Perjanjian antara kita dan mereka (orang kafir) ialah shalat, maka siapa yang meninggalkannya, ia telah kafir.”(HR. Tirmidzi)
Dari hadits tersebut kita dapat memahami bahwa meninggalkan shalat itu hukumnya dosa, karena pembeda kita (umat Islam) dn orang kafir adalah shalat.
Masih nggak percaya?
Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya, batas antara seseorang dengan kesyirikan dan kekufuran dalah meninggalkan shalat.”(HR. Muslim)
Sudah seharusnya sebagai makhluk, kita harus bersyukur, tahu diri siapa kita ini. Bila bukan karena Allah SWT, kita tak akan ada di dunia, bis bernafas, dikasih umur, menikmati keindahan, makan enak, bisa ke sana sini, dan banyak yang lainnya.
Lalu bagaimana caranya kita bersyukur?
Salah satunya yaitu mengerjakan kewajiban kita, shalat, sebagai bentuk rasa syukur supaya terhindar dari kesyirikan dan kekufuran.
Kamu nggak mau kan  dikatakan kafir karena telah melalaikan kewajiban shalat?
Apalagi di cap merusak tiang Agama?
Na’udzubillah..
Kalau kamu masih mengaku sebagai orang beriman, sudah seharusnya dong mendirikan shalat, sebagaimana yang tertulis dalam firman-Nya: “Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang telah ditentukan waktunya bagi orang-orng yang beriman.” (QS. An Nisa: 103)


source-image :
https://www.google.co.id/search?q=kenapa+harus+shalat&biw=1366&bih=657&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwi9r5PkxcrRAhXIRY8KHfxBCNUQ_AUIBigB#imgrc=k3PrgOFCCzWThM%3A

0 comments:

Post a Comment