Temukan Ibadah dengan Rasa Syukur





Mencoba sholat dhuha, karena rasa syukur
Mencoba sholat tahajjud, karena rasa syukur
Mencoba sedekah, karena rasa syukur.
Bukan semata-mata karena kepentingan dan keinginan dunia.

Tak mengapa kita sholat malam, karena ingin diangkat derajatnya oleh Allah. Puasa daud karena ingin diubah menjadi kaya. Sholat Dhuha karena ingin dibukakan rezeki dan kemudahan. Sholat tahajjud karena ingin doanya cepat terkabul. Sedekah karena ingin dibanyakkan rezeki, tak mengapa. Tapi mengapa kita tidak mencobanya dengan semangat rasa syukur.

Sholat dhuha, sebab berterimakasih kepada Allah, masih bisa menikmati pagi, bisa sarapan yang enak, bisa menikmati hangatnya minum teh, bisa sekolah, bisa kuliah, bisa kerja. Bangun tidur yang diingat Allah dulu, Allah lagi, Allah terus. Kumpulkan semangat rasa syukur di pagi hari, apa saja yang bisa disyukuri, lalu ambil wudhu dan sholat dhuha.

Sholat tahajjud, sebab juga rasa syukur, masih bisa bangun, tubuh sehat, keluarga lengkap. Lalu tahajjud, berterimakasih kepada Allah.

Sedekah, bukan saja ingin diperbanyak rezeki, tapi ingin bersyukur. Alhamdulillah… jantung sehat, ginjal normal, kaki dan tangan lengkap.

Membaca Al Qur’an, bukan saja ingin meraup pahala dan kebaikan, bukan saja ingin syafaat atau pertolongan Allah, tapi karena juga rasa syukur. Diberi tangan, mata, telinga, mulut, maka kita bersyukur dengan membuka lembaran Al Qur’an dengan tangan, dan melihat Al Qur’an, lalu membacanya.

Temukan ibadah sebab rasa syukur. Rasa nikmatnya, mari kita temukan. Apalagi jika bisa bersyukur di kala sempit, susah, dan sedih. Karena bersyukur di saat senang, banyak uang, dapat modal, lulus sekolah, diwisuda, nilai bagus, dll, kesenangan, terbilang sudah “biasa”.
Syukur yang lebih hebat, adalah saat kebalikannya. Misal, sudah berusaha keras namun IPK jelek. Dalam keadaan sedih, lalu ambil wudhu. Shalat dhuha… ingin berterimakasih masih bisa kuliah. Dalam keadaan sedih, bilang terimakasih kepada Allah lewat sholat dhuha. Ini luar biasa.






0 comments:

Post a Comment