JELAJAH ILMU #2 “MARYAM, MUSLIMAH TANGGUH TELADAN WANITA”


Maryam binti Imran, beliau merupakan perempuan istimewa yang namanya ada disebutkan sebanyak 53 kali di 53 ayat yang berbeda didalam Al-Qur’an. Dan Allah tidak menyebut perempuan yang lain dengan namanya di dalam Al-Qur’an kecuali Maryam.
Sebagaimana dalam Al-Qur’an, yang artinya:
Sesungguhnya Allah telah memilih kamu, menyucikan kamu, dan melebihkan kamu atas segala wanita didunia (yang semasa dengan kamu). (QS. Ali Imran:42)
Dan dalam sebuah hadis yang berbunyi:
Cukuplah bagimu dari wanita didunia ini dengan Maryam binti Imran, Khadijah binti Khuwalid, Fatimah binti Muhammad, dan Asiyah istri fir’aun. (HR. Tirmidzi)
Sehingga kita bisa menjadikannya sebagai teladan atau idola, karena kesholihaannya , seperti beliau dalam menjaga kesuciannya dan ketaatannya pada Allah Subhanallahu Wa Ta’ala.
Sebagaimana dalam Al-Qur’an, yang artinya:
Hai Maryam, taatlah kepada Tuhanmu, sujud dan rukuklah berama orang-orang yang rukuk. (QS.Ali Imran:43)
Taat yang beliau lakukan adalah taat dengan penuh kekusyukan, Mujahid pernah mengatakan bahwa Maryam selalu berdiri (melakukan ibadah) sehingga kedua telapak kakinya bengkak-bengkak.
Masya Allah..Semoga kita bisa meneladani sifat dan ketaatan beliau..aamiin..

Dan ada beberapa kalimat yang mungkin bisa menginspirasi:
  1. Jika ada anak perempuan dan dia sholihah, maka dia akan menjadi tiket surga bagi orang tuanya.
  2. Ditusuk pakai besi panas itu jauh lebih baik daripada menyentuh yang bukan mahram.
  3. Hati-hati dalam berpenampilan dan bersikap, karena jika ada ikhwan yang tergoda karena kita, maka kita akan mendapatkan juga dosanya.

0 comments:

Post a Comment