JELAJAH ILMU #1 “BAHAGIA ITU BUTUH ILMU LHO SIS”


 
Ringkasan Materi Kajian Jelajah Ilmu
  1. Terdapat Hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Ilmu yaitu “Siapa yang menghendaki kebahagiaan hidup dunia harus dengan ilmu dan barang siapa yang menghendaki kebahagian akhirat harus dengan ilmu dan barang siapa yang menghendaki kebahagiaan ( dunia dan akhirat) juga harus dengan ilmu.”(HR.Tabrani).
  2. Ilmu dalam bahasa Arab terdiri dari kata “ilm”  yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Seseorang dikatakan sudah menguasai suatu ilmu jika sudah memahami, mengerti, dan mengetahui ilmu tersebut.
  3. Ilmu menurut KKBI yaitu pengetahuan tentang sesuatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu untuk menerangkan sesuatu dan memahami sesuatu.
  4. Dari Anas bin Malik (sahabat Rasulullah) : telah bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam “Barang siapa keluar (pergi) untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga kembali.”(HR.Tirmidzi).
  5. Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Jadilah engkau orang yang berilmu (pandai), atau orang yang belajar, atau orang yang mau mendengarkan ilmu, / orang yang menyukai ilmu dan janganlah engkau menjadi orang kelima karena engkau akan celaka. (HR.Baihaqi)
  6. Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang menempuh perjalanan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya menuju surga”. (H.R. Muslim)
  7. Adab-adab menuntut ilmu :
    • Niat yang ikhlas yaitu karena Allah subhannahu wa ta’ala dan Rasullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.
    • Tekun berusaha dan Tawakal.
    • Menjauhi maksiat,karena ilmu adalah cahaya maka jangan diikuti dengan maksiat.
    • Memilih teman yng sholeh untk setidaknya ada yang memotivasi jika sudah malas.
    • Perbanyak zikir.
    • Doa dan keridoan orang tua.
    • Menghormati guru.
    • Beramal dengan ilmu yang dimiliki agar tidak lupa.
  8. Ilmu haruslah diamalkan karena ilmu tanpa amalan bagaikan pohon tanpa buah.Menurut Abu Darda ilmu yang tidak diamalkan maka sesungguhnya orang itu tidak berilmu.Dan menurut Mu’az orang yang tak mengamalkan ilmu maka munafik dan orang yang mengamalkan ilmu maka orang itu mukmin.
  9. Rumus praktis menjadi muslimah cerdas BACA  PAHAMI AMALKAN
  10. Orang yang berilmu lebih tinggi derajatnya daripada orang ahli ibadah.
Sesi Tanya – Jawab
1.Bagaimana cara menghindar rasa malas dan menjaga niat agar selalu mau belajar?
Jawaban:
- berkumpul dengan orang sholeh
- Niatnya harus berubah jika bukan karena Allah
- Tulis Target
- Ceritakan niat pada teman agar jika kita malas mereka bisa mengngatkan kita
- Ingatlah kematian akan datang kapan saja.
2.Apa bedanya mencari ilmu di internet dan secara langsung?
Jawaban :
Jika di internet informasinya belum tentu benar maka agar mengetahui kebenarannya lebih baik datang langsung ke narasumbernya.

0 comments:

Post a Comment