Tiga Kunci Untuk Menguasai Ilmu


Tiga kunci untuk memiliki hafalan yang kuat dan keahlian yang mumpuni:
1.    Bertakwa kepada Allah dengan berjuang di jalan Allah
Jika Allah menolong kamu, maka tidak ada yang dapat mengalahkanmu, tetapi jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapa yang dapat menolongmu setelah itu? Karena itu, hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal.” (Terjemahan QS. Ali Imran [3]: 160)
2.    Kerja keras
Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh Allah beserta orang-orang yang berbuat baik.” (Terjemahan QS. Al-Ankabut [29]: 69)
3.    Teknik untuk menguasai ilmu yang ingin dicapai
a.    Dan Kami tidak mengutus (rasul-rasul) sebelum engkau (Muhammad), melainkan beberapa orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah kepada orang yang berilmu, jika kamu tidak mengetahui.” (Terjemahan QS. Al-Anbiya’ [21]: 7)
b.    Dan Kami tidak mengutus sebelum engkau (Muhammad), melainkan orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka; maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.” (Terjemahan QS. An-Nahl [16]: 43)
Jika semua kunci untuk memiliki hafalan yang kuat dan keahlian yang mumpuni, mohonlah kepada Allah seperti do’a Nabi Musa kepada Allah. Doa ini terdapat dalam QS. Taha [20]: 25-28. Terjemahannya sebagai berikut:
....Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.
Dengan berdo’a seperti itu, mudah-mudahan Allah melapangkan dada kita dari kepenatan untuk menerima ilmu yang kita pelajari, memudahkan segala urusan kita seperti memudahkan kita dalam mempelajari ilmu yang kita pelajari, melepaskan segala kekakuan kita dalam menyampaikan ilmu yang kita pelajari, dan membuat orang menjadi paham dengan penyampaian kita tentang ilmu yang kita pelajari.
Semoga bermanfaat dan dapat diserap serta diterapkan di masa sekarang dan masa depan. Wallahu’alam bish-shawab

0 comments:

Post a Comment