latest Post

Para Pengemban Dakwah,Waspadalah!


Para dai saat ini hendaknya waspada dari penawaran dan godaan materi seperti ini yang mungkin tidak ditawarkan secara langsung, atau dengan bentuk yang tidak langsung, dalam bentuk tugas yang penting, atau kontrak kerja yang menguntungkan, atau transaksi bisnis yang menguntungkan. Ini adalah yang direncanakan oleh lembaga-lembaga dunia yang mencurigakan untuk memalingkan para dai dari tugas dakwah mereka, terutama para pemimpin mereka. Dan di sana ada kerjasama penuh dalam pertukaran informasi antara lembaga-lembaga ini yang beroperasi dari berbagai lokasi untuk menghancurkan Islam.
Ada dalam laporan yang dibuat oleh Richard B. Michel, salah satu pegawai senior di bidang Timur Tengah, untuk memantau kebangkitan Islam, dan memberikan saran tentang cara untuk menyerangnya. Dalam laporan itu disebutkan menggambarkan rencana baru yang mungkin bisa digunakan untuk menyaring gerakan-gerakan Islam. Dari sekian paragraf dari laporan itu ada satu paragraf khusus yang menyebutkan cara menggoda para pemimpin dakwah. Untuk mencapai godaan tersebut ia menyarankan hal-hal berikut:
a.   Pengangkatan orang yang mungkin bisa dibujuk/digoda dengan tugas-tugas penting. Di mana pekerjaan mereka bisa diselesaikan dengan proyek-proyek Islam tanpa ada jaminan, dan pekerjaan lain sebagainya yang menguras tenaga mereka. Dan dengan memberikan penganugerahan kepada mereka secara moral dan material, menyediakan fasilitas yang besar untuk keluarga mereka. Sebagai gantinya mereka dengan mudah dapat dibinasakan dan dipisahkan dari basis massa mereka.
b.  Bekerja untuk menarik tren perdagangan dan ekonomi, sampai berkontribusi dalam proyek-proyek yang mengandung tujuan-tujuan yang mencurigakan, yang didirikan di kawasan Arab untuk kepentingan musuh-musuhnya.
c.  Bekerja pada penciptaan lapangan kerja dan kontrak menguntungkan di negara Arab yang kaya. Perkara yang menyebabkan mereka jauh dari kegiatan Islami.
Orang yang mencermati tiga poin tadi, ia dapat menyimpulkan bahwa itu semua adalah godaan materi yang tidak langsung. Dengan penglihatan lebih dekat pada dunia Islam saat ini, kita menyimpulkan bahwa poin-poin tersebut dilaksanakan dengan tenang. Posisi-posisi penting telah menyibukkan sebagian aktivis dakwah dan beberapa negara Arab yang kaya telah menghabiskan banyak aktivis dakwah dan sebagian mereka dilailaikan oleh aktivitas perdagangan.
Jadi, khususnya untuk para pengemban dakwah dan umumnya pada masyarakat jangan sampai harga diri kita ditukar dengan kesenangan walaupun dalam jumlah sedikit. Dan itu di hadapan Allah sangat rendah. Semoga bermanfaat dan dapat diserap serta diterapkan di masa sekarang dan masa depan. Wallahu’alam bish-shawab.

Referensi diambil dari buku dengan:
Judul Asli: As-Sirah An-Nabawiyah
Judul TerjemahanSirah Nabawiyah “Ulasan Kejadian dan Analisa Peristiwa dalam Perjalan Hidup Rasulullah”
Penulis: Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi
Penerjemah :  Pipih Imran Nurtsani, Lc; Nila Aqimuddin Ardhillah

About Mukhammad Reza Prasetiyo

Mukhammad Reza Prasetiyo
Recommended Posts × +

0 comments:

Post a Comment