latest Post

Jangan Tunda Menutup Auratmu Para Perempuan Selagi Masih Muda



“Dan perempuan-perempuan tua yang telah berhenti (dari haid dan mengandung) yang tiada ingin kawin (lagi), tiadalah atas mereka dosa menanggalkan pakaian mereka dengan tidak (bermaksud) menanggalkan perhiasan, dan berlaku sopan adalah lebih baik bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Bijaksana.” (Terjemahan QS. An Nuur : 60).
Aurat adalah bagian-bagian tubuh yang tidak boleh terlihat baik itu tidak disengaja apalagi disengaja. Aurat akan terlihat baik dengan berpakaian terbuka (kurang bahan) maupun yang tertutup sekalipun, namun layaknya tidak berpakain atau bisa disebut berpakaian ketat. Aurat perempuan itu melingkupi seluruh bagian tubuh, kecuali yang bisa terlihat, yaitu wajah dan telapak tangan. Sedangkan aurat laki-laki hanya melingkupi bagian pusar sampai lutut.
Oleh karena itu, janganlah di masa muda kita untuk bernampilan yang tidak sesuai syari’at Islam, khusunya para perempuan. Nanti dikhawatirkan Anda para perempuan menyesal di usia tua. Di masa mudanya sudah mengumbar aurat, diperlihatkan kepada banyak orang, apalagi yang mempunyai pacar, dan telah mempunyai niat ingin menutup aurat secara sempurna di usia tua. Ada yang punya nggak niat kayak gitu? Ingat loh kematian? Kematian itu bisa datang kapan dan di mana saja. Terlebih lagi, dengan cara apa kematian itu datang dan dalam keadaan apa kita didatangi kematian itu. Iya sih Anda bisa menutup aurat secara sempurna di usia tua, kalau usia Anda panjang. Kalau umur Anda pendek? Kita tidak tahu. Hanya Allah yang MahaTahu.
Perlu diketahui bahwa Allah telah meringankan para perempuan tua yang telah berhenti dari haid (menopause) biasanya awal muncul pada umur 50 tahun, berhenti mengandung, dan tidak ingin menikah lagi untuk melepaskan kerudungnya, namun tetap berlaku sopan. Ini semua telah dijelaskan dalam Qu’ran Surat An Nuur ayat 60. Udah tahu kan? Masa-masa ini adalah kesempatan emas loh bagi perempuan yang berumur panjang. Kalau para perempuan yang masih muda-muda mempunyai niat ingin menutup aurat secara sempurna di usia tua, tolong jangan niatkan seperti itu. Anda rugi tidak mempraktikan firman Allah di atas.

About Mukhammad Reza Prasetiyo

Mukhammad Reza Prasetiyo
Recommended Posts × +

0 comments:

Post a Comment